Jumat, 27 Mei 2011

JALAN MENUJU BAHAGIA




Salah satu uraian sederhana jalan untuk mencapai bahagia di enam ukuran tolok ukur bahagia adalah memiliki tiga hal : Pertama memiliki "desire" atau keinginan yang kuat atau impian atau hasrat untuk bahagia di masing2 bidang. Kedua memiliki pengetahuan melalui pembelajaran, antara lain EQ (emosional quotion meliputi pengetahuan tentang sosial, mental dan keluarga), PQ (physical quotion, pengetahuan tentang hidup sehat), FQ (financial quotion, pengetahuan tentang menjadi bebas secara finansial) dan SQ (spirtiual quotion, pengetahuan tentang spiritual). Pembelajaran bisa melalui rekaman audio, buku atau hadi di seminar dari pakar2 dan mereka yang berhasil di bidangnya. Hal ketiga yang harus dimiliki adalah jam terbang, yakni ketrampilan dalam mempraktekkan ilmu yang sudah dipelajari.

Sebagai contoh kalau kita memiliki hasrat kuat untuk mempunyai keluarga yang bahagia maka kita perlu dengan sengaja belajar tentang bagaimana memiliki hubungan komunikasi yang baik antar suami istri dan mengenal kepribadian pasangan. Ini bisa dipelajari melalui buku2 dan rekaman audio yang sudah banyak tersedia maupun juga dengan menghadiri seminar2 yang berbicara tentang hal tersebut. Setelah itu perlu segera mempraktekkan dalam kehidupan rumah tangga suami istri....


Contoh lain tentang bagaimana mewujudkan hasrat kita untuk memiliki kesehatan prima, kita perlu belajar apa itu kesehatan prima, yakni keseimbangan antara makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, berpikir positif dan olah raga.


Hal yang serupa untuk bidang Finansial, kita perlu belajar bagaimana menjadi orang kaya yang bebas finansial dan mencari kendaraan apa yang bisa digunakan untuk meraihnya.

Uraian lain untuk mencapai bahagia adalah memiliki 7 faktor sukses :

1. Memiliki hasrat atau impian yang kuat, tahu tujuan Tuhan menghadirkan kita di dunia (Inner Voice), yang bisa antara lain dilihat dari bakat yang dimiliki.

2. Menangkap setiap kesempatan yang diberikan, tentunya setelah mempelajari dengan seksama.

3. Memiliki mentor yang sudah berjalan di depannya, yang memiliki jam terbang lebih tinggi dan dapat membimbing selama perjalanannya.
4. Memiliki etos kerja keras, mengumpulkan paling tidak 10.000 jam terbang atau 10 tahun.

5. Mengasah dan selalu meningkatkan sikap dan karakter positif

6. Mencari dan selalu berada di lingkungan yang positif untuk mendapatkan takdir sinkron yang optimal.

7. Selalu menyertakan Tuhan dalam setiap langkahnya. Menyadari bahwa kita hanyalah co creator, dimana Sang Maha Kreasi perlu kita ajak untuk berkarya bersama kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar