Jumat, 27 Mei 2011

BAHAGIA

Apakah difinisi bahagia menurut Anda? Beberapa tahun yang lalu orang masih mengukur kebahagiaan dengan ukuran income per kapita, materi... tetapi saat ini di negara maju mereka memiliki yang namanya indeks bahagia, dimana bahagia bukan saja diukur dari materi atau penghasilan, tapi ada beberapa faktor lain yang menjadi ukurannya.

Salah satu ukuran bahagia adalah keseimbangan antara enam hal : spiritual, mental, sosial, keluarga, keuangan dan kesehatan.


Banyak kita jumpai manusia yang mengejar keseimbangan dengan memakai finansial sebagai fokus utamanya, "uang" adalah Tuhannya.



Ternyata hal ini akan membawa yang bersangkutan tetap terus gelisah, mengapa? karena finansial tidaklah abadi, finansial tidak menjawab pertanyaan dasar dari dirinya.

Mari kita lihat apa yang disampaikan Steven Covey dalam bukunya 8 Habit for Highly Effective People. Ia mengatakan bahwa manusia memiliki 4 unsur dasar : Badan, Pikiran, Hati dan Jiwa. Dimana esensi tujuan Badan untuk hidup, Pikiran untuk belajar, Hati untuk mencintai dan Jiwa/Ruh untuk berbagi untuk sesama.


Adalah sangat sesuai jika kita meletakkan spiritual sebagai fokus utama kita dalam mengejar 6 ukuran kebahagiaan di atas.


Keluarga, Mental Positif, Hubungan Sosial, Kesehatan dan Kekayaan akan membuat kita bahagia kalau didasarkan pada kecintaan kita terhadap Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar